3 Cara Menghilangkan Ketombe Cepat Secara Alami

Pengen tahu Cara Menghilangkan Ketombe Cepat Secara Alami tanpa obat? Mengatasi ketombe yang terlanjur akut dan parah akan menyebabkan menurunnya kharismatik dari rambut indah anda, ya ga sih? menghilangkan ketombe membandel ini bukan masalah sepele, bahkan kita tidak bisa sembarang memilih shampo anti ketombe.

Sebelum berlanjut ke topik utama, patut diketahui bahwa ketombe bisa muncul tak kenal waktu. Bahkan pada beberapa orang, masalah ini bisa semakin parah jika tak segera ditangani. Disisi lain, akibat munculnya ketombe juga membuat kepala kita sering merasa gatal, rambut rontok dengan sendirinya hingga rambut berubah kering dan kusam.

Memang, memiliki ketombe tidaklah menyenangkan apalagi ketika tampil di depan publik membuat kita kurang bebas bahkan acap kali kurang percaya diri. Menurut beberapa sumber, ada beberapa penyebab munculnya ketombe namun yang paling banyak yakni ketidakcocokan pemilihan shampo untuk membersihkan rambut.

Oleh karena itu, jika anda pernah menggunakan shampo tapi terasa panas di kulit kepala, sebaiknya hentikan dan beralih ke jenis shampoo lain (direkomendasikan berbahan alami).

Penyebab Munculnya Ketombe Secara Garis Besar

Percaya tidak percaya munculnya ketombe bukanlah kebetulan semata, gaya hidup atau kebiasaan yang dilakukan seringkali menjadi faktor paling besar munculnya masalah ini, disamping dari ikut andilnya lingkungan yang kurang bersih, mari kita simak penyebabnya secara singkat dan padat:

1. Ketidakicocokan antara shampo dengan kulit kepala kita.
2. Kebiasaan tidak membilas rambut secara bersih, jarang merawat kulit kepala serta mengikat rambut saat masih basah.
3. Nah, paling berbahaya lagi adalah kehadiran fungi yang tumbuh di kulit kepala biasa disebut malasseiza.

Oke mari kita baca tentang fungi / jamur malasseiza

Jamur tersebut tidak hanya mengakibatkan peradangan saja melainkan juga memecah kelenjar minyak di area kepala untuk dijadikan makanan. Dan akhirnya ia mencoba menghasilkan produk asam lemak yang membuat kulit kepala gatal-gatal dan mudah kering hingga terbentuklah ketombe.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi masalah ketombe agar benar-benar hilang? Sebenarnya, penggunaan shampo yang ada di pasaran sudah cukup untuk membersihkan fungi atau jamur penyebab ketombe. Meski begitu, tak semua orang cocok menerapkan metode ini terlebih jika kulit kepala pengguna sensitif dan gampang iritasi.

Sebagai solusi paling mudah, anda pun dapat mencoba berbagai cara ampuh membasmi ketombe dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Berikut ulasan detailnya.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Penggunaan bahan-bahan alami memang lebih dianjurkan oleh sebagian besar pakar kesehatan disamping minim efek samping jika dikonsumsi/digunakan jangka panjang, produk herbal akan lebih mudak diterima oleh tubuh kita.

1. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam Dapur

Mungkin anda sedikit kaget mendengar kalo garam dapur yang merupakan pengkristalan air laut dan dijemur dibawah sinar matahari selama berhari-hari bisa dipakai untuk mengatasi ketombe. Jangan salah, sejarah telah banyak membuktikan bahwa penduduk di sekitar pantai zaman dahulu sering merawat rambut mereka menggunakan garam dapur.

Mereka akan pergi ke tepi pantai lalu meraup sedikit air laut (bahan utama pembuatan garam) dan menggosookan ke area kepala yang muncul ketombenya. Sampai sekarang pun, bahan dasar garam juga telah dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan demi menghasilkan kualitas shampo alami unggulan.

Bagi yang ingin mengikuti tutorial sederhana untuk mengatasi ketombe dengan garam dapur, berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan dahulu garam dapur sekitr 2-5 sdm
2. Selanjutnya, rebus air bersih sebanyak 1 gayung. Tunggu sampai mendidih dan diamkan sejenak supaya hangat (kalo terlalu panas dikhawatirkan merusakan epidermis kulit kepala sedangkan jika dingin maka garam sulit terserap ke pori-pori kulit)
3. Kemudian masukkan garam 2-4 sdm ke dalam air rebusan tadi. Aduk sampai merata dan setelah itu siramkan perlahan ke bagian kepala yang penuh ketombe
4. Sambil pijat-pijat bagian yang teras gatal agar larutan garam cepat bereaksi. Jika tidak memungkinkan minta bantuan orang lain saat menyiramkan air atau proses pemijatanya
5. Lakukan threatment ini berulang kali sampai anda memperoleh hasil maksimal. Paling tidak, ketombe yang bersarang di kepala hilang secara permanen

2. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis

Kenapa harus menggunakan jeruk nipis? Karena selain bersifat alami, buah ini juga memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi yang mampu berperan aktif dalam mengontrol minyak di kulit kepala anda sehingga permasalahan rambut termasuk ketombe tidak gampang muncul berulang kali.

Untuk step by stepnya sangatlah mudah, tinggal ikuti cara simpel dibawah ini:
1. Sediakan jeruk nipis segar 1 buah (tak perlu banyak)
2. Peras dan ambil airnya saja
3. Balurkan air perasaan jeruk tersebut ke area rambut secara merata. Sambil lakukan pemijatan di setiap sudut kepala.
4. Tahap selanjutnya, diamkan kurang lebih 30 menit supaya kandungan dalam jeruk nipis terserap sampai ke akar-akar rambut
5. Jika dirasa sudah selesai, tinggal bilas rambut menggunakan air bersih. Boleh juga membilasnya pakai shampoo tapi pilih jenis shampo yang berbahan alami

Perlu diingat, bahwa kandungan PH pada jeruk nipis bisa saja merusak kondisi rambut bilamana diterapkan setiap hari atau jangka waktu yang lama. Kalo terlalu berlebihan pun tidak disarankan, jadi gunakan seperlunya agar mendapat manfaat optimal bagi kesehatan rambut anda.

3. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya

Siapa yang tak kenal lidah buaya? Merupakan bahan alami dengan beribu manfaat bahkan perusahaan-perusahaan terkenal juga telah memanfaatkan bahan tersebut untuk dijadikan produk shampo berkualitas terbaik agar dapat menjaga kesehatan rambut anda.

Adanya kandungan asam amino dan beberapa vitamin dalam lidah buaya dapat membuat rambut makin sehat, kuat, berkilau dan tak mudah rusak. Memang, apa saja sih khasiat utamanya kok bisa sampai menyehatkan rambut?

Jelas ada banyak sekali mulai dari mengatasi rambut rontok, sebagai kondisioner alami, mengatasi kebotakan, menguatkan batang rambut hingga mengurangi produksi minyak berlebih pada rambut.

Caranya pun sangatlah gampang untuk diterapkan di rumah secara mandiri, langsung saja ikuti tutorial berikut ini:

1. Siapkah lidah buaya segar untuk dipotong menjadi dua bagian
2. Lalu sediakan wadah dan peras daging lidah buaya sampai keluar sarinya
3. Hasil perasan tadi selanjutnya diusapkan ke area rambut atau kulit kepala anda.
4. Tahap keempat, ratakan sambil lakukan pemijatan ke setiap bagian sudut kepala
5. Kemudian diamkan kurang lebih 1 jam supaya nutrisi yang ada pada sari lidah buaya terserap ke dalam pori-pori kepala.
6. Terakhir, bilas rambut menggunakan air dingin. Ingat! jangan membilasnya dengan shampoo apapun

Tambahan: Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan seperti diatas 2 kali seminggu agar ketombe hilang dan tak muncul kembali.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Cara Menghilangkan Ketombe dengan bahan-bahan Alami. Anda boleh memilih salah satu dari ketiga tips tadi dan terapkan langsung secara konsisten agar mengetahui hasil akhirnya.

Sebagai catatan,jika permasalahan ketombe sudah tergolong parah seperti muncul flek-flek garukan atau tak kunjung sembuh maka segera konsultasikan ke dokter atau pihak medis setempat.

Yang Paling Banyak Dicari:

  • cri prdok shampu panjng rambut dan menghlangkn gtal gtal klit kpla
3 Cara Menghilangkan Ketombe Cepat Secara Alami | Jelita@@19 | 4.5