Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Cepat Secara Alami – Tentu semua orang ingin memiliki rambut yang indah, kuat dan sehat bukan? Ya, rambut adalah mahkota kepala untuk meningkatkan rasa percaya diri dihadapan publik. Disamping itu juga untuk memperlihatkan style maupun karakter anda.

Oleh karena itu, hampir setiap orang melakukan perawatan rambut demi terjaga kesehatanya. Bahkan tak jarang harus mengeluarkan rogoh kocek lebih dalam hanya untuk hal tersebut. Bukan tanpa alasan, mungkin anda berpikiran bahwa dengan merawat rambut secara benar dan teratur dapat terhindar dari masalah-masalah rambut seperti kerontokan, kering, kusam atau sejenisnya.

Namun, seiring berjalanya waktu rambut pasti akan mengalami kerontokan karena akan berganti dengan pertumbuhan rambut baru dan normalnya berkisar 50-100 helai setiap hari. Nah, yang jadi masalah yakni ketika menjadi tidak wajar bahkan terlalu sering maka anda disarankan agar sesegera mungkin mencegah rambut rontok tersebut.

Bagaimana caranya? Cukup mudah kok, dimana anda hanya perlu menerapkan tips mengatasi rambut rontok secara alami tanpa adanya unsur kimiawi . Jadi sangat aman dan tentu lebih ramah juga dikantong. Disisi lain, langkah ini dianjurkan karena tidak menimbulkan efek sampin berbahaya baik bagi tubuh maupun rambut itu sendiri.

Dirangkum dari berbagai referensi, berikut penjelasan rinci untuk mengatasi rambut rontok bagi kalangan pria atau wanita dengan bahan-bahan alami. Simak baik-baik dan kalo bisa dicatat ya, supaya tidak lupa.

Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

1.Teh hijau
Tahukah anda, the hijau selain sebagai minuman juga berfungsi dalam perawatan rambut rontok. Didalamnya, terkandung antioksidan tinggi yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Adaun cara penggunaan bahan alami ini yaitu

  • siapkan dahulu 2 kantong teh hijau
  • sedulah dengan air hangat kemudian usapkan ke bagian kepala atau rambut yang rontok
  • diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas pakai air bersih.

2.Bawang putih
Bumbu dapur yang satu ini ternyata bisa anda manfaatkan dalam menyehatkan rambut tak terkecuali mengatasi kerontokan. Saran, terapkan trik kedua ini saat malam hari menjelang tidur supaya kandungan bawang putih bisa bekerja lebih efektif. Cara pengelolanya pun tidaklah sulit, tinggal ikuti langkah-langkahnya dibawah,

  • sediakan bawang putih secukupnya lalu blender sampai halus
  • setelah itu, usapkan ke setiap sisi rambut anda sebelum tidur dan bungkus memakai handuk kering
  • keesokan harinya, segera bilas menggunakan air bersih

2. Putih telur
juga bisa memelihara tekstur dan kelembutan rambut. Jadi, anda harus memisahkan terlebih dahulu putih dan kuning telur. Untuk cara yang lebih lengkap, simak tips berikut

  • siapkan putih telur (dari 1 biji telur saja)
  • kemudian masukkan ke dalam wadah dan aduk sampai berbentuk seperti pasta
  • dan gunakan sebagai masker rambut, lalu ratakan sampai rata
  • diamkan beberapa saat, terakhir bilas menggunakan air bersih atau shampo

3. Buah Alpukat
Siapa sangka buah alpukat yang biasa anda makan sehari-hari justru dapat mengatasi kerontokan rambut. Hal tersebut tidak lepas dari kandungan proten yang bagi bagi pertumbuhan rambut anda. Untuk cara pengelolaanya, hampir mirip dengan sebelumnya yakni

  • sediakan 1 alpukat dan kupas terlebih dulu
  • haluskan, lalu jadikansebagai masker rambut
  • pastikan usapanya merata ke setiap sisi kepala anda dan boleh sambil dipijat-pijat
  • diamkan kurang lebih 20 menit dan bersihkan dengan air dingin atau memakai shampoo

4. Jahe
Dibalik rasa pedasnya, jahe juga memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Jadi masalah kerontokan dapat segera diatasi. Tentu, anda bisa membuat minyak jahe secara mandiri, begini langkah-langkahnya

  • parut jahe terlebih dahulu sampai rata
  • lalu campurkan dengan minyak wijen dan aduk kembali
  • setelah itu, tinggal oleskan ke kulit kepala anda dan diamkan selama 10-15 menitan
  • terakhir, bilas pakai air dingin atau shampo hingga bersih

6. Daun seledri
Masak iya, daun seledri bisa untuk mencegah kerontokan rambut? Jelas jawabanya iya, karena memiliki fungsi utama menyegarkan dan menyehatkan rambut. Nah, untuk cara memanfaatkanya cukup mudah, tinggal ikuti toturial berikut

  • siapkan 5-10 batang daun seledri (sudah dicuci bersih) dan haluskan
  • setelah itu, basahi rambut terlebih dulu baru oleskan bahan tersebut ke seluruh bagian rambut
  • sambil melakukan pijatan, jangan lupa ratakan ke setiap sisi kepala anda
  • diamkan sejenak, kemudian bilas dengan air dingin atau shampoo

Gimana, mudah kan? Tips diatas memang diperuntukan hanya untuk masalah rambut rontok. Lalu, bagaimana jadinya ketika anda justru mengalami kerontokan sekaligus rambut menjadi kering bahkan kusam. Tenang, tak usah khawatir karena dibawah ini tersedia pula langkah sederhana mengatasi hal tersebut.

Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

1. Gunakan kondisioner yang tepat
Jadi, anda tidak boleh sembarangan dalam memilih kondisioner rambut. Ada baiknya, menggunakan produk yang berjenis alami sperti ginseng karena mampu menguatkan akar rambut.

2. Terapkan terapi sederhana
Seperti pada umumnya, terapi ini sudah pasti tidak asing lagi yakni dengan cara mengeramasi rambut kemudian melakukan pijatan merata di setiap sisi kepala. Tujuanya tidak lain adalah untuk memperlancar peredaran darah di syaraf kepala. Anda pun boleh menggunakan bahan tambahan misalnya minyak zaitun.

3. Sisir rambut dengan tepat
Kebiasaan orang zaman sekarang, justru menyisir rambut saat masih basah. Padahal hal itu kurang baik bagi kesehatan rambut. Jadi, langkah paling tepat yakni menunggu sampai agak kering terlebih dulu barulah anda boleh menyisirnya perlahan.

4. Jadwalkan waktu pencucian rambut
Kalo anda ingin tahu faktanya, bahwa keramas setiap  hari itu malah memperburuk kesehatan rambut. Hal tersebut karena terlalu seringnya hingga membuat rambut kelebihan nutrisi dari luar. Ada baiknya, anda mengatur waktu keramas maksimal 3-4 kali dalam seminggu. Satu catatan penting, hindari penggunaan air panas saat mencuci rambut!

5. Konsumsi asupan yang bergizi dan vitamin tambahan
Untuk langkah kelima ini, optional saja, jadi anda bisa menambahkan asupan bergizi sekaligus vitamin demi menyuburkan rambut supaya mencegah kerontokan. Makanan yang banyak mengandung zat besi, vitamin A, B, C, E dan asam lemak omega 3 dan protein sangat baik untuk dikonsumsi. Semuanya ada pada wortel, buah, kacang-kacangan, gandum, sauran hijau, ikan, kerang, telur, keju, yogurt dan lain-lain.

Sudah menerapkan tips trik diatas, namun rambut masih terus rontok. Bisa jadi, ada masalah serius pada rambut anda dan perlu penanganan lebih lanjut. Nah, bagaimana caranya? cobalah untuk menerapkan metode sederhana beriku.

Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan
1. Manfaatkan minyak kelapa
Memang, untuk mencegah rambut yang rontok secara terus-menerus bisa dibilang cukup sulit. Salah satu solusi jitu yaitu memanfatkan minyak kelapa dengan mengoleskan langsung ke kulit kepala anda. Gunakan setelah keramas kemudian beberapa menit dan bilas pakai air dingin.

2. Biarkan terurai
Kenapa rambut dibiarkan terurai? Tujuan utamanya agar dapat bernafas lega alias tumbuh sehat. Oleh karena itu, bagi anda yang sering mengikat rambut, sebaiknya jangan lama-lama dan terlalu kencang supaya tidak menyakiti rambut. Usai seharian diikat, pastikan kembali terurai lagi.

3. Jangan gunakan pengering rambut
Pengering rambut jika dipakai tanpa henti efeknya malah kurang bagus bagi kesehatan rambut.  Bahkan membuatnya semakin kering dan rusak hingga rambut gampang rontok. Jadi, biarkan mengering alami dan maksimal bolehlah mengeringkan pakai handuk.

4. Kurangi atau kelola stress
Biasanya, faktor inilah yang seringkali membuat pikiran banyak tekanan sampai berimbas pada kerontokan rambut. Mulai sekarang, kelola stress dengan berolahraga, meditasi atau aktivitas lain untuk merilekskan tubuh agar tidak tegang. Dengan begitu, masalah rambut rontok bisa diminimalisir.

Pertanyaanya sekarang, bagaimana jika masalah kerontokan rambut menimpa para remaja atau pria-pria dewasa? Jelas ada teknik sendiri untuk mengatasi hal tersebut. Pengen tahu? selengkapnya simak tips trik dibawah ini.

Mengatasi Rambut Rontok Pria

1. Dengan telur
Telur yang biasa anda konsumsi ternyata punya kandungan protein tinggi untuk menyehatkan sekaligus mencegaha kerontokan rambut. Pun, cara pengelolaanya tidaklah sulit bahkan bisa dilakukan secara mandiri. Begini tutorialnya,

  • pertama, sediakan 1 butir telur dan kocok sampai membentuk seperti pasta
  • lalu oleskan pada setiap sisi rambut anda dan pastikan merata keseluruhan
  • diamkan sejenak, kemudian bilas menggunakan air dingin dilanjutkan keramas pakai shampo
  • bila ingin menghilangkan aroma telur, gunakan saja kondisioner pilihan anda.

2. Dengan lada hitam
Mungkin anda berpikir jika lada hitam hanyalah bumbu rempah-rempah untuk memasak. Tapi dibalik itu semua, justru punya kandungan tertentu sehingga mampu mengatasi rambut rontok pada pria. Lantas gimana cara menggunakanya?

  • siapkan lada hitam secukupnya dan sedikit yogurt
  • campur kedua bahan tersebut dan gunakan seperti ketika mencuci rambut dengan shampoo
  • lalu pijat-pijat setiap sisi kepala anda dan diamkan 5-10 menit
  • terakhir, bilas dengan air dingin atau shampoo alam

3. Dengan teh hijau
Tidak ada salahnya, jika anda mencoba khasiat teh hijau yang diyakini mampu menyuburkan rambut disamping menjadi solusi untuk masalah kerontokan. Terkait penggunaanya, silahkan ikuti toturial berikut

  • sediakan teh hijau lalau sedu dengan air panas
  • setelah itu, diamkan hingga seharian penuh
  • keesokan hari, barulah anda bisa menggunakanya untuk mengeramasi rambut

Tak disangka, cara-cara diatas cukup simpel dan tidak ribet sehingga mempermudah anda para pria menerapkanya di rumah. Terus kan, ada juga itu para wanita yang mengalami rambut rontok setelah  melahirkan? Iya, memang benar, bahwa hal tersebut masih dikatakan wajar bila tidak menimbulkan kekhawatiran berlebih. Namun, jika ingin mengatasinya, anda dapat mencoba beberapa tips ini.

1. Mulai konsumsi makanan bergizi
Usahakan konsumsi lebih banyak buah dan sayur guna menutrisi tubuh secara keseluruhan termasuk kesehatan rambut. diantara pilihan makananya yaitu, sayuran hijau gelas (mengandung vitamin C dan zat besi), telur (mengandung vitamin D), ubi-wortel (mengandung beta karoten) dan ikan (mengandung omega 3 dan magnesium). Kesemuanya bagus sekali dalam mengatasi kerontokan rambut pasca melahirkan.

2. Hentikan sementara menata rambut
Jadi, libur dulu dalam hal penataan rambut seperti mencatok rambut dan sejenisnya. Lebih baik, anda biarkan rambut kering dengan sendirinya usai berkeramas.  Jangan lupa untuk tetap menyisir perlahan untuk meminimalisir kerontokan berulang.

3. Pakai shampo khusus penambah volume
Jangan terpaku dengan penggunaan shampoo kondisioner yang seringkali membuat rambut makin tipis bahkan kering. Justru hal ini dapat memicu kerontokan rambut berlebih khususnya bagi wanita. Mendingan pakai shampoo alami yang punya kandungan penambah volume rambut sehingga dapat menjaga kesehatan rambut serta memberi tampilan lebih berkilau.

Demikianlah dari sekian banyak Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, anda bisa menjadikanya referensi atau alternatif terbaik bila tidak menemukan solusi yang tepat. Patut waspada pula kalo kerontokan rambut terjadi karena semacam penyakit atau gangguan kuman maka sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau kepada ahlinya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami | Jelita@@19 | 4.5