Cara Mengatasi dan Merawat Rambut Rontok Secara Alami

Tidak henti-hentinya masalah rambut rontok hampir selalu menghantui setiap wanita tak terkecuali bagi pria juga. Meskipun sepele tapi jika tidak segera diatasi justru malah membuat anda kurang percaya diri dihadapan publik, benar gak? Oleh sebab itu, maka patut dibahas lebih detail bagaimana sih Cara Mengatasi dan Merawat Rambut Rontok Secara Alami?

Mungkin anda bertanya, kok harus secara alami? Tentu alasanya adalah lebih mudah didapatkan bahan-bahanya sekaligus tidak terlalu menimbulkan resiko buruk terhadap kesehatan rambut. Berbeda sekali ketika menggunakan produk-produk kimiawi yang cenderung mengandung zat-zat berbahaya sehingga bisa merusak kualitas rambut.

Kembali ke topik utama, bahwa rontoknya rambut bisa dianggap normal saat 100 helai rambut gugur/per hari. Dan jika lebih dari itu, maka perlu perhatian dan perawatan khusus. Pola kerontokanya pun ada sendiri dimana dalam dunia medis disebut “alopecia”.

Tidak hanya wanita, pria pun juga dapat mengalami kerontokan rambut. Umumnya, masalah ini sering kali muncul saat anda memasuki usia 30-40 tahun. Memang ada banyak sekali faktor penyebab utama mulai dari perubahan hormon, kurangnya asupan protein, stress, trauma emosional dan lain-lain.

Jadi, tak ada salahnya ketika anda ingin memeriksakan ke dokter untuk tahu secara detail mengenai penyebabnya. Bahkan jika  saja tidak cukup uang dan waktu hal tersebut, jangan sungkan bilamana ingin menerapkan berbagai tips rahasia dibawah ini yang sudah banyak orang mencoba langsung dan berhasil membuktikanya sendiri.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami
1. Lidah buaya
Siapa yang tak kenal dengan tumbuhan ini? Bahkan sejak zaman dulu kala, sangat dikenal oleh masyarakat sebagai bahan alami untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut. Baik nutrisi maupun vitamin  di dalam lidah buaya, ternyata benar-benar mampu merangsang pertumbuhan sekaligus memperbaiki jaringan-jaringan rambut yang rusak.

Cara pemakaian:

  1. pertama, sediakan lidah buaya 1 helai (yang masih segar)
  2. belah menjadi dua bagian dan ambil gel didalamnya
  3. lalu oleskan gel tersebut ke setiap permukaan rambut (setelah anda keramas)
  4. diamkan selama 20-30 menit sampai terasa mengering
  5. terakhir, bilas pakai air dingin (jika ingin hasil maksimal lakukan 1 kali sehari selama seminggu)

2. Teh Hijau dan Daun Seledri
Kombinasi kedua bahan ini dapat membentuk senyawa antioksidan tinggi sehingga memperlancar sirkulasi darah. Disamping itu, adanya kandungan vitamin A, B dan zat besi berperan penting untuk menguatkan akar rambut. Jadi masalah kerontokan rambut dapat segara diatasi.

Cara pemakaian:

  1. sediakan handuk yang sudah direndam air lemon hangat (handuk kecil saja)
  2. jadikan sebagai penutup kepala dan biarkan selama 10 menit
  3. sambil menunggu, sedu teh hijau dan daun seledri dalam ½ gelas air hangat
  4. berikutnya, buka dan tetesi rambut menggunakan seduhan tadi
  5. ikuti dengan pihatan lembut agar nutrisi dari kedua bahan alami tersebut meresap secara sempurna
  6. setelah 20-30 menit, bilaslah dengan air dingin

3. Pisang
Pisang termasuk buah yang kaya akan kalium dan dari situlah khasiatnya mampu meningkatkan elastisitas maupun kelembutan rambut. Bahkan masalah rontok dan keringnya rambut juga bisa diatasi

Cara pemakaian:

  1. siapkan 1 buah pisang (sudah matang)
  2. hancurkan sampai benar-benar halus
  3. berikutnya, usapkan langsung ke rambut secara merata (rambut sudah dibasahi dahulu)
  4. tunggu sekitar 30-40 menit agar nutrisi dalam buah pisang bekerja maksimal
  5. setelah itu, basuhlah dengan air hangat (untuk hasil maksimal lakukan sekali dalam seminggu).

Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok
1. Sisir Rambut Dengan Benar
Sudah menjadi rahasia umum bahwa menyisir rambut juga termasuk salah satu perawatan alami untuk mencegak kerontokan. Rambut yang jarang disisir pasti akan terlihat kasar dan berantakan, oleh karena itu untuk merapikainya lakukan penyisiran rutin tiap kali habis mandi atau keramas. Caranya, gunakan sisir berjenis gigi lebar dan sisir dari atas menuju ke bawah atau ke samping.
2. Cuci Rambut Secara Teratur
Sebenarnya, jika anda dapat mencuci rambut secara teratur jelas akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan rambut. Apalagi jika tipe rambut anda kering, maka dianjurkan melakukan perawatan rutin. Satu catatan penting. gunakan jenis shampo yang tepat (berbahan alami lebih baik) dan lakukan keramasa minimal 1x sehari serta jangan pernah berganti-ganti shampo.

3. Pilih Kondisiner Yang Tepat
Kondisioner juga penting bagi kesehatan rambut. Jadi, jangan asal pilih namun sesuaikan dengan kondisi rambut pada saat itu. Langkah ini juga diperlukan guna mengganti minyak alami yang bisa kapan saja terhambat produksinya sehingga rambut akan mudah kering.

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Rontok
1. Cukupi Kebutuhan Gizi
Kalo ingin rambut anda sehat, jangan pernah mengabaikan kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Terutama maksimalkan asupan protein yang berperan vital dalam menjaga kesehatan rambut. Misalnya saja seperti daging, telur ayam, tahu dan sayur-sayuran hijau. Patut diketahui pula, ketika tubuh kekurangan protein ternyata dapat menghambat pertumbuhan keratin di rambut.

Disisi lain, anda pun harus ikut mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B, vitamin E serta kalsium guna mempertahankan kualitas rambut seperti pisang, apel, mangga dan lain-lain. Jangan lupa juga, penuhi cairan tubuh paling tidak 8 gelas per hari.
2. Rajin Olahraga
Kegiatan olahraga tidak hanya mampu memaksimalkan kesehatan tubuh namun dapat pula melancarkan sirkulasi darah ke setiap organ termasuk kulit kepala. Nah, saat bagian tersebut tercukupi kebutuhan nutrisinya, tentu proses pertumbuhan maupun kesehatan rambut akan berjalan sempurna sehingga bisa mengantisipasi kerontokan.

Anjuran untuk olahraganya yaitu, berjalan kaki minimal 30 menit, boleh naik turun tangga atau jenis olahraga berat seperti senam, bersepeda dan berenang.
3. Jaga Kebersihan Rambut
Entah saat bepergian jauh, terkena asap, terkena debu atau apapun, ada baiknya anda sesegera mungkin berkeramas karena kebersihan rambut merupakan point penting agar terhindar dari masalah kerontokan atau kekusaman.

Hal lain yang tidak boleh anda lupakan adalah menggunakan 1 jenis shampo saja sesuai tipe rambut dan kombinasikan dengan kondisioner (bila diperlukan). Minimal lakukan keramas dua hari sekali.

4. Minimalkan Alat Penata Rambut
Hampir setiap wanita saat keluar rumah selalu mempercantik rambutnya denan menggunakan alat pencatok rambut, hair dryer atau alat sejenisnya. Tapi, tahukah anda bahwa uap panas yang dihasilkan alat-alat tersebut dapat memberi efek buruk bahkan rambut anda akan mudah rusak dan rontok. Jadi, jika ingin tetap sehat maka minimalkan alat penata rambut (gunakan seperlunya).

 

Cara Merawat Rambut Rontok Dan Berketombe
1. Hindari Aplikasi Styling Rambut
Apa itu? Adalah penggunaan seperti smoothing, colouring, catok dimana justru membuat rambut anda gampang rontok dan rusak. Jadi, tidak disarankan mengaplikasikan styling rambut namun jika tetap memaksa, silahkan dicoba sendiri dan bisa mengeahui resiko terburuknya. Jauh lebih baik, cukup memakai sisir saja dan biarkan rambut tumbuh secara alami.

2. Yogurt
Ya, yogurt ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah rambut rontok hingga berketombe. Diantara peranan pentingya seperti menguatkan rambut hingga mempertahankan kesehatan rambut.

Cara pemakaian:

  1. bersihkan dahulu area rambut anda
  2. tutup dengan handuk sampai airnya tidak menetes lagi dan tunggu beberapa menit
  3. kemudian buka penutupnya dan oleskan yogurt di permukaan rambut secara merata
  4. diamkan kurang lebih 5-10 menit lalu bilas pakai air bersih

3. Jeruk Nipis
Selain dibuat untuk bahan minuman, jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut. Dikutip dari beberapa referensi, ada juga yang mengatakan mampu menghilangkan ketombe berlebihan secara alami.

Cara pemakaian:

  1. siapkan perasan jeruk nipis secukupnya
  2. campurkan ke dalam ½ gelas air hangat
  3. kemudian usapkan ke bagian kulit kepala dan rambut anda secara menyeluruh (rambut sudah dibasahi terlebih dulu)
  4. diamkan sekitar 15-20 menit
  5. selanjutnya, bilas dengan air bersih.

Gimana, lengkap bukan pembahasan mengenai permasalahan serta tips-trik mengatasi rambut rontok, kering sampai berketombe. Sebagai tambahan, disini akan ada satu lagi pembahasan yang cukup sering dialami oleh para wanita yaitu mengalami kerontokan usai melahirkan?

Sebenarnya, rontok tersebut bisa dikatakan alami jika tidak berlangsung terus menerus. Hal demikian termasuk faktor alami karena ada suatu hormon tertentu yang dilepaskan oleh wanita melahirkan sehingga berimbas pada kerontokan rambut. Meski begitu, jika masalah ini semakin serius dan tidak dapat dikendalikan maka anda patut mencoba teknik alami berikut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan
1. Jangan Ikat Rambut Terlalu Kuat
Kalo bisa hindari seminimal mungkin mengikat atau mengepas rambut secara ketat supaya kulit kepala tidak semakin stress hingga memicu kerontokan berlebihan.

2. Konsumsi Makanan Bergizi
Usai melahirkan, konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan dan flavonoid serta beberaap vitamin penting seperti vitamin B, C dan E. Tujuanyar agar merangsang pertumbuhan rambut anda. Dan tetap penuhi nutrisi lain guna mendukung tubuh tetap tampil sehat dan prima setiap saat.

3. Pakai Shampo Khusus
Penasaran dengan shampoo khususnya ya? Sebenarnya, anda bisa menggunakan shampoo apapun dengan catatan sebaiknya memilih yang ada kandungan silica dan biotin. Mengint keduanya bisa menjadikan rambut lebih kuat dan sehat sekaligus mengurangi kerontokan berlebih.

4. Hindari Stress
Nah, masalah paling terakhir ini harus anda hilangkan karena punya pengaruh besar terhadapa masalah kerontokan rambut. Alangkah baiknya selalu berpikir positif dan tidak merasa terbebani ketika sudah menjadi ibu dan harus mengurus anak beserta sang suami. Rileskan diri dan buat masa-masa anda bahagia bersama keluarga.

Demikianlah sedikit info terkait Cara Mengatasi dan Merawat Rambut Rontok Secara Alami. Tidak ada jalan instan untuk memperoleh hasil maksimal, dan kalo pun ada pasti ada resiko  terburuknya. Ketimbang seperti itu, bukankah melalui proses alami jauh lebih menyehatkan dan menyenangkan?

Bila kerontokan rambut anda sudah sangat parah, maka saran terbaik adalah konsultasikan langsung dengan dokter spesialis dan jangan dibiarkan begitu saja. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi dan Merawat Rambut Rontok Secara Alami | Jelita@@19 | 4.5