10+ Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya Secara Alami/buatan

Sering merasa frustasi karena ketombe yang tidak hilang-hilang? Yuk cari tahu dulu Penyebab Ketombe Dan Cara Mengatasinya. Bahwa masalah ini mungkin keliatan sepele tapi dapat menganggu siapa saja bahkan bila tak segera ditangani justru akan merusak kualitas rambut anda sendiri.

Ketombe merupakan sel kulit mati yang menempel di kepala dan pasti akan menimbulkan rasa gatal. Ditandai dengan gejala-gejala awal seperti adanya serpihan bewarna putih hingga bertebaran di sekitaran rambut. Tak jarang adapula sampai berjatuhan ke bahu. Bagi beberapa orang, jelas hal tersebut sangatlah menganggu apalagi penampilan rambut begitu penting untuk meningkatkan kepercayaan diri di hadapan publik.

Meski cukup sulit mengatasi dan menghilangkan ketombe secara cepat, tapi anda tak usah risau karena sekarang ada berbagai macam tips sederhana yang menjadi solusi terbaik dalam memecahkan masalah ketombe baik dari segi medis maupun pengobatan alami.

Apa Sih Penyebab Ketombe?

Dari penyebab ketombe kering hingga ketombe basah tentu ada banyak faktor yang mempengaruhinya mulai dari faktor jenis kulit kepala, stressor sampai kesalahan pada pemilihan produk shampo. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan mengenai penyebab ketombe:

1. Stress
Ketika seseorang mengalami kondisi stress atau tertekan maka secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan tubuh termasuk munculnya masalah ketombe. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang begitu cepat dan berimbas pada ketidakstabilan pada kondisi kulit kepala.

2. Makanan
Ternyata makanan juga berpengaruh pada  kondisi kesehatan rambut. Terutama ketika anda minim mengkonsumsi jenis makanan yang punya kandungan vitamin B dan zat besi maka akan lebih beresiko terkena ketombe.

3. Jarang atau terlalu sering keramas
Nah, ini yang patut diwaspadai kondisi dimana seseorang kurang terlalu memperhatikan aktivitas keramas. Baik itu terlalu sering ataupun jarang keramas, keduanya justru menimbulkan masalah ketombe.

Kok bisa? karena penggunan shampoo terlalu sering menyebabkan  bisa membuat kulit kepala kering sehingga mempermudah ketombe tumbuh subur di kulit kepala anda. Sedangkan jika jarang keramas, jelas bagian rambut akan mengalami penumpukan kotoran yang akhirnya menjadi sarang utama ketombe.

Untuk solusi paling tepat menurut beberapa referensi, lakukan kerasa rutin cukup 2 hari sekali dan jangan sampai lupa sesuaikan jenis shampo dan kulit kepala agar rambut selalu terjaga kesehatanya.

4. Jenis kulit kepala
Pada dasarnya, setiap orang punya jenis kulit kepala berbeda-beda sehingga ketombe dapat muncul kapan dan dimana saja. Jadi tak boleh sembarangan dalam hal perawatan dan alangkah lebih baik untuk berkonsultasi pada ahli atau dokter demi mengetahui bagaimana dan cara penanganan yang terbaik

5. Sisa busa shampoo
Pasti pernah kan keramasa tapi sisa-sisa busa shampoo masih tertempel di kepala? Nah, jika anda sering melakukan hal seperti itu, mulai sekarang bersihkan sampai tuntas dan tak tersisa supaya tidak merangsang tumbuhnya ketombe.

6. Penggunaan produk yang salah
Faktor yang ketujuh ini patut diperhitungkan. Jenis produk perawatan rambut mulai dari shampo, vitamin rambut, kondisioner dan lainya haruslah disesuaikan denan jenis kulit kepala anda. Dikhawatirkan, bila salah memilih malah bisa menimbulkan masalah kotombe bahkan jauh lebih parah.

7. Terpapar lama dibawa sinar matahari
Mungkin untuk faktor yang terakhir sudah bisa dialami oleh semua orang. Namun anda pun harus memperhatikan bahwa jika rambut terlalu lama kepanasan juga akan mengalami kekeringan dan akhirnya memicu permasalah ketombe. Solusinya, saat keluar rumah bisa menggunakan payung kalo cuaca terasa sangat panas

Penyebab Ketombe Berkerak dan Rambut Rontok

Nah, ada lagi permasalah baru jika ternyata penyebab ketombe berlebihan tapi disertai kerak dan rambut rontok. Benarkah faktor penyebabnya sama dengan yang diatas? Kalo anda pernah mengalami  hal tersebut boleh jadi ada beberapa masalah seperti berikut

1. Kulit iritasi
Biasanya kondisi iritasi diakbatkan oleh dermatitis seboroik. Merupakan salah satu penyebab ketombe paling sering yang ditandai dengan kulit memerah dan beminyak kemudian ditutupi oleh sisik putih.

2. Sensitif terhadap produk tertentu
Tak jarang, kulit kepala yang mengalami sensitivitas pada bahan tertentu saat melakukan perawatan bisa menimbulkan rasa gatal berlebih, bersisik, berketombe hingga merontokkan rambut dalam jangka panjang.

3. Jamur
Jamur berjenis malassezia, ternyata cukup banyak bersemayam di kulit kepala orang dewasa. Tahu kenapa? Karena mereka jarang mengurus kesehatan rambut sehingga jamur bebas tumbuh sampai mematikan sel-sel kulit dan berubah menjadi ketombe. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak detail dibawah ini.

Jamur Malassezia Penyebab Ketombe

Diambil dari referensi tepercaya, penelitian dari Jiao Tong University mengungkapkan dari 59 partisipan berusia 18-60 tahun, diketahui keberadaan jamur pada kulit kepala merupakan penyebab paling utama yang menimbulkan ketombe.

Padahal area kulit kepala dilindungi oleh kelenjar keringat untuk memprodukti keringat atau dikenal dengan sebutan sebum. Sayangnya, jamur bernama malassezia adalah tipikal kuman pemangsa substansi lemak yang terkandung dalam sebum.

Kemudian, ia menghasilkan sisa pencernaan berupa asam lemak dimana berperan mengiritasi kulit sampai akhirnya menghambat metabolisme maupun pertumbuhan sel kulit baru. Dari situlah gangguan mulai muncul ditandai mengelupasnya kulit kepala serta serpihan kulit mati berwarna putih (penyebab rasa gatal).

Disisi lain, kondisi diatas dipengaruhi oleh daya tahan tubuh. Artinya, tak lantas kulit kepala anda langsung berketombe mengingat setiap sensitivtas dan daya tahan seseorang berbeda terhadap kehadiran asam lemak yang dihasilkan oleh jamur malassezia.

Tips Mengatasi Ketombe Dengan Cepat

Cara menghilangkan ketombe memerlukan cara yang akurat, dari beberapa penyebab diatas termasuk jamur malassezia, sebenarnya masalah ketombe bisa egah dengan menggunakan shampoo-shampo lembut untuk mengurangi minyak maupun penumpukan sel kulit kering.

Jika shampoo biasa gagal maka cobalah memilih jenis shamp khusus antiketombe namun tetap memperhatikan klasifikasi yang cocok untuk rambut anda.  

Adapun klasifikasinya antara lain shampo ketoconazole, shampo berbasis tar, shampo pyrithione zinc, shampo selenium sulfide dan shampoo mengandung asam salisilat tinggi. Disamping itu, ketombe juga bisa dikontrol lewat rutinitas perawatan rambut yang sehat.

Bila memungkinkan, anda bisa mencoba pengobatan alami karena efektif Mengatasi Ketombe secara tuntas namun lebih banyak membutuhkan waktu. Pun cukup efektif bagi pemilik kulit kepala sensitif karena tak memiliki efek samping berarti.

Yang Paling Banyak Dicari:

  • penyebab ketombe dan ca
10+ Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya Secara Alami/buatan | Jelita@@19 | 4.5